RESUME PANCASILA SEBAGAI DASAR PEMBANGUNAN INDONESIA EMAS





23104380_AWALUL FADIL APRILIANISAH 
S1 PGSD

Permateri: Ema Umiyattul Chusniah, ST,M.MPd. dan BPK Mukarim

Isi materi: 
Peneguhan nilai nilai Pancasila dalam pembangunan nasional menuju Indonesia emas. 
Perlu memliki memliki pondasi berganda dan bernegara yang kuat. 
Bonus dan tambahan menuju Indonesia emas 
Jumlah penduduk yang produktif, dari badan pusat statistik menyebutkan bahwa Indonesia sedang menerima bonus demografi dengan besarnya jumlah penduduk yang pada masa usia produktif yaitu hingga 64 tahun meningkat. Bonus demografi ini akan memuncak sekitar pada tahun 2030 dimana komposisi penduduk Indonesia. 
Menggali kembali makna nilai nilai dari Pancasila sebagai pondasi dan semangat awal untuk menerangi radikalisme dan menuju Indonesia emas 2045. 
Selain itu pendalaman karakter manusia Indonesia yang berdasarkan pada nilai nilai Pancasila akan menjadi tameng yang cukup kuat untuk menangkal pemahaman radikalisme. 
NU adalah benteng. 
Menjadi bagian NU adalah sebuah kebahagiaan. 
Pancasila dan pembangunan
1. Pada hakikatnya Pancasila sebagai paradigma pembangunan nasional mengandung arti bahwa segala aspek pembangunan harus mencerminkan nilai nilai Pancasila. 
2. Pembangunan nasional adalah untuk menjaga Indonesia. 
Manusia memiliki fungsi monidualistis, tidak hanya mengejar kepentingan djanuar tetapi mendapatkan kebahagiaan di akhirat kelak
Kedudukan Pancasila dalam pembangunan nasional. 
Pancasila harus menjadi kerangka kognitif.
Pembangunan dalam perspektif Pancasila 
Pancasila sebagai konfigurasi budaya bangsa merupakan pembangunan yang arah nilai-nilai kemanusiaan sebagai korvaluasi Pancasila sebagai konfigurasi budaya bangsa merupakan nilai-nilai budaya Inti atau konsekuensi yang harus dijabarkan dan dikembangkan dalam sejumlah nilai dan peranan sosial sejalan dengan perkembangan masyarakat kemajuan teknologi dan perubahan lingkungan kelima nilai-nilai inti secara terpenuhi menjadikan rujukan dalam perkembangan pranata sosial dan pola tingkah laku segenap warga negara fisik secara perseorangan maupun kolektif.
Peran dan Nahdlatul Ulama dalam membangun moralitas bangsa menuju Indonesia emas nasionalisme kemanusiaan yang dikembangkan oleh Nahdlatul Ulama ialah paham kebangsaan yang memberikan pangkuan kepada seluruh elemen bangsa terdiri atas suku nama ras dan antargolongan yang berbeda untuk berpartisipasi aktif dalam melaksanakan hak dan kewajiban berdasarkan Pancasila nasionalisme kemanusiaan diwujudkan melalui kegiatan dakwah dan pendidikan untuk menghasilkan sumber daya manusia yang unggul dalam menegaskan dan menyebarkan pemahaman Aswaja sebagai pilar penguatan adaptasi integrasi pencapaian tujuan dan pemeliharaan tatanan sebagai konsep dalam mengimplementasikan nasionalisme kemanusiaan yang dapat menerapkan prinsip dasar yaitu kawasan atau keseimbangan pasar toleran tersebut suatu negara dan i'tidal atau ada dalam berbagai tingkat kehidupan berbangsa dan bernegara.

Link teman :
FACBOOK UNUSA
INSTAGRAM UNUSA

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RESUME My Digital Portofolio - Proses Pelayanan Kesehatan

Ramadhan Kareem

AGUSTUSAN